SMKS MUH 9

Kunjungan Industri

“Kunjungan industri” adalah kegiatan mengunjungi suatu tempat atau fasilitas industri untuk memperoleh pemahaman langsung tentang proses produksi, teknologi, manajemen, dan lingkungan kerja di industri tersebut. Kunjungan industri sering dilakukan oleh pelajar, mahasiswa, atau para profesional untuk mendapatkan wawasan praktis yang tidak dapat diperoleh dari teori saja.

 

 

Dalam hal ini SMK Muhammadiyah 9 melaksanakan kunjungan ke PT. Yakult Indonesia Persada dan PT. Amerta Indah Otsuka. mengapa harus ada kunjungan industri?

1. Pemahaman Proses Produksi: Para peserta didik dapat melihat langsung bagaimana suatu produk dibuat atau suatu layanan disediakan, memahami langkah-langkah produksi, dan mengamati teknologi yang digunakan.

2. Penerapan Teori: Kunjungan industri memberikan kesempatan bagi peserta didik untuk melihat bagaimana konsep dan teori yang dipelajari di kelas diterapkan dalam konteks nyata di dunia industri.

3. Pengenalan Terhadap Teknologi Baru: Industri sering menggunakan teknologi terkini. Kunjungan ini memungkinkan peserta melihat teknologi terbaru dan inovasi dalam tindakan.

4. Pemahaman Manajemen Operasional: Peserta didik dapat memahami bagaimana manajemen operasional dilakukan, termasuk perencanaan produksi, pengelolaan rantai pasok, dan kontrol kualitas.

5. Kesempatan Berjejaring: Kunjungan industri juga memberikan kesempatan untuk berinteraksi dengan para profesional industri dan membangun jaringan yang bermanfaat untuk karier di masa depan.

6. Pemahaman Lingkungan Kerja: Peserta didik dapat melihat langsung kondisi kerja, praktik keamanan, dan aspek lingkungan kerja di industri tersebut.

7. Inspirasi Karier: Melihat proses industri secara langsung dapat menginspirasi peserta didik untuk mengejar karier di bidang tertentu atau menemukan minat baru.

Red: Nurul Amelia, S.Pd

Baca juga  RKTL (Rapat Kerja Tindak Lanjut) Ikatan Pelajar Muhammadiyah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *